Efek Hitam Putih Menggunakan Photoshop




Kali ini saya akan membahas tentang editing foto berbau vintage dengan permainan warna hitam putih. Untuk membuat foto hitam putih di Photoshop sebenarnya mudah kita lakukan. Kita hanya membutuhkan satu langkah saja untuk merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih. Kemudian apa saja yang meski kita persiapkan untuk membuat foto hitam putih ini? Tidak banyak peralatan yang harus disiapkan, pertama foto berwarna yang akan dirubah warnanya kedua program Photoshop. Namun jika foto yang akan dijadikan hitam putih tidak tersimpan di komputer, maka tentunya kita membutuhkan alat scan. Fungsinya untuk memindai foto agar tersimpan di dalam komputer dan selanjutnya kita rubah warnanya menjadi foto hitam putih.


Silakan buka foto tersebut di program Photoshop dan disini saya menggunakan Adobe Photoshop
Setelah berhasil dibuka fotonya di Photoshop, sesuai dengan materi ini kita akan merubah foto berwarna tersebut menjadi foto hitam putih. Maka caranya adalah kita cukup membuka menu Images > Adjustments > Black & White…


Sekarang dihadapan kita adalah kotak dialog Black & White. Kita sesuaikan parameternya dengan keadaan foto.


Namun tanpa melakukan perubahan sedikitpun pada parameter Black & White, saya rasa sekarang foto sudah berubah warnanya menjadi hitam putih. Jika malas merubahnya, biarkan pengaturan bawaan (default) saja dan klik OK.


Langkah cepatnya untuk masuk ke kotak dialog Black & White, kita bisa memanfa’tkan fasilitas Keyboard Shortcuts… Caranya cukup menekan Alt+Shift+Ctrl+B secara bersamaan lalu tekan Enter. Maka bereslah sudah membuat foto hitam putih di Photoshop ini. Bagaimana mudah dan cepat bukan?

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar